K 1 K 2 K 2 K 3 K 10 K 9 K 8 K 6 K 5 K 4 K 7
”SELAMAT DATANG DI WEBSITE KKM KARANGGENENG ” ”SELAMAT DATANG DI WEBSITE KKM KARANGGENENG ” ”SELAMAT DATANG DI WEBSITE KKM KARANGGENENG ”

22 April, 2012

PENAMPILAN SEORANG GURU


Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan dan dianggap sebagai orang yang berperanan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan yang merupakan percerminan mutu pendidikan. Keberadaan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak lepas dari pengaruh faktor internal maupun faktor eksternal yang membawa dampak pada perubahan kinerja guru. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru yang dapat diungkap tersebut antara lain: 
1.    Kepribadian dan dedikasi 
Setiap gurumemiliki pribadi   masing-masing sesuai ciri-ciri pribadi yang mereka miliki. Ciri-ciri inilah yang membedakan seorang guru dengan lainnya. Kepribadian sebenarnya adalah suatu masalah abstrak, yang hanya dapat dilihat dari penampilan, tindakan, ucapan, cara berpakaian dan dalam menghadapi setiap persoalan atau masalah , baik yang ringan maupun yang berat. Kepribadian adalah keseluruhan dari individu yang terdiri dari unsur psikis dan fisik, artinya seluruh sikap dan perbuatan seseorang merupakan suatu gambaran dari kepribadian orang itu, dengan kata lain baik tidaknya citra seseorang ditentukan oleh kepribadiannya. 
2.    Penampilan atau cara berpakaian 
Cara berbakaian guru didalam penampilan juga mencerminkan sikap kepribadian juga. Setiap kali guru mengajarkan kebaikan, cara berpakaian yang baik, disaat itulah guru harus berpenampilan sebagaimana layaknya seorang guru. Mulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki siswa atau murid akan memperhatikan bagaimanakah penampilan guru mereka. Apakah tatanan rambut yang berantakan, baju dan celana yang kusut, sepatu kusam , anak didik selalu memperhatikan, lebih-lebih anak di kelas rendah. Pakaian atau busana yang rapi akan menambah rasa hormat siswa terhadap guru. Mereka akan sadar bahwa yang dihadapi adalah panutan yang harus dicontoh, Oleh sebab itulah mari kita sebagai pendidik atau guru yang akan mencetak sebuah kader penerus bangsa, penampilan dan kepribadian harus kita jaga , berusaha semaksimal mungkin baik dimata anak didik khususnya dan dimata masyarakat pada umumnya

17 April, 2012

GURU PROFESIONAL

Pendidik mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan tentunya dengan tidak melupakan komponen yang lain seperti kurikulum. Ploblematika yang saat ini terjadi adalah melihat apakah seorang pendidik/guru dapat dikatakan sebagai tenaga yang tergolong dalam tenaga profesi. Dari permasalahan tersebut kita melihat apakah seorang guru termasuk dalam tenaga pendidik professional,atau tidak. Mari kita melihat sekian dari komponen yang perlu disiapkan guru adalah penyiapan perangkat pembelajaran yang selalu ter update setiap akan melakukan kegiatan Pembelajaran,karena pekerjaan ini mudah bagi guru yang menyandang predikat guru profesi, Tapi kadang kenyataan lain dengan apa yang disandangnya, bahkan sama dengan mereka ketika belum memperoleh gelar/status itu. Nah sekarang ini sedang hangat-hangatnya peningkatan mutu pendidik yang secara langsung juga meningkatkan pendidikan Nasional yang menyerap dana dari APBN tidak sedikit.

PEMBELAJARAN PAKEM

Di Indonesia, pada umum, kita sudah lama mengutamakan pengetahuan, yang dipercaya adalah indikator kecerdasan bangsa. Tetapi selama beberapa tahun terakhir ini kita sudah terpaksa menghadapi beberapa isu yang mengancam perkembangan negara kita termasuk Jumlah Pengangguran, Lulusan Kita Kurang Kreatif, Inovatif, dan Tidal dapat Mandiri, dan isu-isu seperti Moral dan Karakter Bangsa – yang hanya dapat diatasi oleh pendidikan yang Holistik, Relevan dan Berarti. Kita sudah membaca banyak informasi dari luar negeri mengenai konsep “Knowledge-Based” Society yang diterjemahkan menjadi Society “yang Berbasis-Pengetahuan”. Tetapi pengetahuan saja, tanpa pikiran kritis, kemampuan analisis, sintesis, inovasi, dan kreativitas, dll. yang dikembangkan oleh pendidikan yang bermutu jelas tidak dapat mencapaikan bangsa yang cerdas. Kita kayaknya tidak memperhatikan faktor utama di negara-negara lain yang mendukung konsep “Knowledge-Based Society”, yaitu, mereka terus melaksanakan metodologi pembelajaran yang mengajak dan mengembangkan bangsa yang cerdas dan mampu menggunakan “knowledge” secara efektif, yaitu “Pembelajaran-Aktif dan Kontekstual” (PAKEM), yang adalah fondasi perkembangan SDM (manusia yang berkualitas, yang diberdayakan oleh pendidikan yang “Holistik dan Relevan” Kita sudah puluhan tahun menyaksikan bahwa program-program berbasis pelatihan guru di luar Madrasah-nya gagal meningkatkan kemampuan guru secara signifikan (sampai mutu pendidikan kita sudah menjadi krisis). Mengapa begini? Isu utama adalah motivasi guru untuk ikut program-program pelatihan begini (pada umum) adalah ekstrinsik (misalnya tinggal di hotel mewah, makanan disediakan, juga insentif eksrinsik yang lain-lain), bukan motivasi yang intrinsik yang mengutamakan profesionalisme. Juga seringkali guru-guru yang ikut kegiatan di luar Madrasah bukan guru yang terbaik atau mampu utuk mengimplementsikan perubahan (Change) dan gagal. Isu kedua adalah kebudayaan di Madrasah guru-nya sendiri yang seringkali tidak mendukung perubahan (kemajuan), jadi setelah program pelatihan sudah selesai mereka kembali ke Madrasahnya dan terus melaksanakan pembelajaran sesuai kebudayaan Madrasah (tanpa kemajuan). Kami sangat mengerti bahwa “kita dapat mengantar kuda ke sungai, tetapi kita tidak dapat memaksakan kuda-nya minum”. Jadi supaya kita adalah hemat dan efisien anggaran dan SDM kita, kita akan terfokus kepada Madrasah-Madrasah yang ingin mengarah ke Madrasah Berstatus “Madrasah Berkualitas“.

PENGUMUMAN LONGLIST CALON SERGUR 2012

Saat ini para guru di Lingkungan Kementerian Agama, khususnya di para guru di Kabupaten Lamongan sangat lega, setelah diumumkannya data longlist hasil pengumuman longlist yang pertama pada awal Januari 2012 yang lalu yang telah mengalami perubahan setelah adanya pendataan baru bagi guru yang belum terdaftar dalam longlist tersebut. Setelah diadakan pendataan/ pengajuan ulang bagi guru yang sudah dalam longlist maupun guru yang belum tercantum dalam longlist, akhirnya hasil dari pendataan itu telah di umumkan pada pertengahan bulan ini ( Pebruari 2012 ) melalui Blog MapendaKemenag Kabupaten Lamongan yang bisa di lihat hasilnya dengan cara didonload oleh semua para guru. Setidaknya para guru yang sudah ada di daftar longlis Sergur 2012 punya harapan besar terhadap program pemerintah dan bersiap-siap bilamana mereka dipanggil untuk ikut PLPG maupun PPG Namun ada beberapa guru dari lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Lamongan yang belum tercantum dalam pengumuman longlist tersebut, untuk menyikapi hal itu Mapenda Lamongan berkoordinasi dengan pihak pengawas pendidikan yang ada serta semua pihak Koordinator Kecamatan membantu para guru untuk melakukan pendataan lagi, hal ini dilakukan dalam rangka mengakomodir serta memperjuangkan nasip para guru , khususnya guru swasta ( Non PNS ) yang paling banyak dan tersebar di Kabupaten Lamongan.

UJI KOMPETENSI AWAL BAGI GURU CALON PESERTA SERTIFIKASI

Mulai tahun 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan uji kompetensi awal (UKA) bagi guru yang berhak ikut sertifikasi. Undangan UKA disebar untuk 300.000 guru di seluruh Indonesia, namun hingga Jumat (10/2/2012) baru 285.000 guru yang terdaftar ikut ujian tulis UKA. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UKA 2012 yang dilaksanaakn Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hadir antara lain sejumlah pimpinan lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPMP), dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, yang membuka rapat korodinasi mengatakan pelaksaan UKA ini penting untuk memetakan kompetensi guru. “Sampai saat ini, kita belum punya peta kompetensi guru. Ini kesempatan untuk mendata kompetensi guru-guru yang ada, sehingga dapat dipakai secara ilmiah untuk meningkatkan kualitas guru,” kata Nuh. Nuh mengatakan, penyelenggaraan UKA merupakan ikhtiar untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas. Kualitas guru berkontribusi penting untuk mendorong prestasi siswa. Terkait dengan kuota guru yang belum terpenuhi, Nuh meminta supaya sebanyak 15.000 kuota yang belum terisi dialihkan ke daerah lain yang masih memiliki guru yang layak ikut sertifikasi. Saat ini, ada sekitar 2,9 juta guru. Pelaksanaan UKA di tingkat kota/kabupaten pada 25 Februari. Pengumuman kelulusan 18 Maret. Para guru yang lulus tes berhak ikut pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) selama 10 hari. Namun, mereka masih akan menjalani tes akhir, untuk menentukan apakah para guru layak mendapat sertifikat pendidik profesional atau tidak. Adapun guru yang tidak lulus UKA diberi kesempatan untuk mengulang tahun depan. Para guru ini dibantu untuk siap melaksanakan UKA berikutnya.

02 April, 2012

GURU MANUSIA YANG CERDAS

Guru,begitu penting,begitu lekat,begitu dekat dan lebih mirip Ujung tombak! ketimbang hanya “manusia yang cerdas” dan berpengalaman” dia begitu Tajam,begitu ramah dan ada yang begitu tegas,bahkan keras! tapi sekali lagi itu adalah Guru. Namun ada persoalan yang mendasar mengapa “Kita harus memajukan segi pendidikan berkarakter”.Ini mungkin memang suatu kalimat yang simple, ditengah gejolak negara yang angka , kebrutalan moralnya sudah sangat menghawatirkan. dan ini dibuktikan oleh survey -survey lembaga Korupsi seperti ICW, ataupun survey -survey yang dilakukan lembaga lain mengenai jumlah Angka Kekerasan, angka pengangguran , dan tak pelak lagi yang paling mempengaruhi untuk yang namanya “PENDIDIKAN” memang tanggung jawab moral bagi Semua , namun ini secara Legalitasnya menjadi tanggung jawab Seorang pendidik ,Guru jawabannya. Mungkin kawan-kawan dan Saudara saudara pernah baca Harian Kompas ,bahwa Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu Pendidikan mengatakan, rasio jumlah guru berbanding jumlah peserta didik di Indonesia merupakan yang “TERMEWAH” di dunia. Rasio di Indonesia, ungkapnya, sekitar 1:18. Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan negara maju seperti Korea (1:30), atau Jerman (1:20).Akan tetapi, ia mengakui, angka rasio yang “mewah” itu tidak diimbangi dengan sistem pendistribusian yang cukup baik. Menurutnya, kurangnya tenaga guru di berbagai daerah dipicu oleh sistem yang kurang baik dalam pendistribusian guru.

31 Maret, 2012

PENERIMAAN SERTIFIKAT HASIL PLPG TAHUN 2011

Saat ini begitu lega bagi Bapak / Ibu peserta Sertifikasi yang lulus pada Tahun 2011 Baik LPTK IAIN Sunan Ampel Surabaya maupun UNIPA, karena Serifikat Hasil PLPG telah diterima, Hal ini berarti Predikat sebagai Guru Profesional telah melekat pada guru yang telah lulus Sertifikasi. Memang pengumuman pelulusan telah diketahui oleh para guru / peserta PLPG melalui media Internet setelah melaksaanakan PLPG, namun mereka masih harus menunggu beberapa bulan sampai Sertifikat yang ditunggu-tunggu keluar dan diberikan.

07 Maret, 2012

PENDIDIK atau GURU

Guru,begitu penting,begitu lekat,begitu dekat dan lebih mirip Ujung tombak! ketimbang hanya “manusia yang cerdas” dan berpengalaman” dia begitu Tajam,begitu ramah dan ada yang begitu tegas,bahkan keras! tapi sekali lagi itu adalah Guru. Namun ada persoalan yang mendasar mengapa “Kita harus memajukan segi pendidikan berkarakter”.Ini mungkin memang suatu kalimat yang simple, ditengah gejolak negara yang angka , kebrutalan moralnya sudah sangat menghawatirkan. dan ini dibuktikan oleh survey -survey lembaga Korupsi seperti ICW, ataupun survey -survey yang dilakukan lembaga lain mengenai jumlah Angka Kekerasan, angka pengangguran , dan tak pelak lagi yang paling mempengaruhi untuk yang namanya “PENDIDIKAN” memang tanggung jawab moral bagi Semua , namun ini secara Legalitasnya menjadi tanggung jawab Seorang pendidik ,Guru jawabannya. Mungkin kawan-kawan dan Saudara saudara pernah baca Harian Kompas ,bahwa Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu Pendidikan mengatakan, rasio jumlah guru berbanding jumlah peserta didik di Indonesia merupakan yang “TERMEWAH” di dunia. Rasio di Indonesia, ungkapnya, sekitar 1:18. Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan negara maju seperti Korea (1:30), atau Jerman (1:20).Akan tetapi, ia mengakui, angka rasio yang “mewah” itu tidak diimbangi dengan sistem pendistribusian yang cukup baik. Menurutnya, kurangnya tenaga guru di berbagai daerah dipicu oleh sistem yang kurang baik dalam pendistribusian guru.

16 Januari, 2012

PEMBINAAN GURU PROFESIONAL

Sekian lama Program Sertifikasi Guru diberlakukan sejak 2006 sampai saat ini, akhirnya K3M Karanggeneng bekerjasama dengan Forum Kecamatan dengan bimbingan PPAI Karanggeneng dapat melaksanakan kegiatan ” Pembinaan Guru Sertifikasi di tingkat RA dan MI” yang bertujuan melaksanakan monitoring serta pembinaan terhadap Guru RA/MI terutama yang sudah mendapatkan predikat ” Guru Profesional. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2012 yang lalu, bertempat di Alula Kantor PPAI . Alhamdulillah pelaksaanaan berjalan dengan lancar, serta antusias guru yang diundang dan hadir mencapai 95% dari 73 guru RA/MI yang telah lulus Sertifikasi , hanya sebagian guru yang saat itu berhalangan hadir . Memang kegiatan seperti itu sejak lama sudah menjadi inisiatif para guru Sertifikasi, dalam rangka peningkatan mutu dan menyamakan persepsi di tingkat Lembaga RA/MI yang ada di Kecamatan Karanggeneng. Sebagai nara sumber pada pembinaan itu Bapak PPAI Karanggeneng yang di motori Ketua K3M beserta anggotanya. Dalam penyampaian materi yang disampaikan PPAI Karanggeneng yakni Bapak H. Abdul Wahid , MA dan Bapak Mustari, M.Ag. beliau mengharapkan agar guru yang telah lulus sertifikasi hendaknya selalu meningkatkan kinerja, terhadap tugas dan tanggungjawab dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, disamping itu juga disampaikan beberapa regulasi yang harus diketahui dan dilaksanakan para guru sertifikasi.