Yang terhormat : Bapak/Ibu Kepala RA/ Madrasah Kec. Karanggeneng
Menindaklanjuti surat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan Nomor Kd.13.24/4/PP.00/2498/2012 Tentang Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi Guru RA/Madrasah Tahun 2013, Sehubungan dengan hal tersebut agar Saudara memperhatikan hal hal sebagai berikut :
1. Merekap calon Peserta Sergur RA/Madrasah
2. Memperhatikan pedoman pengisian Formulir dan syarat calon Peserta Sergur RA/Madrasah
3. Mengisi Formulir pendataan A-1 dan A-2 dan berkas administrasi pendataan PTK menggunakan formulir digital
4. Data hasil verifikasi berkas pada point 3 dikirim ke Kantor Kementerian Agama Kab. Lamongan up. Seksi Mapenda melalui K3M Kecamatan Karanggeneng beserta soft copy (CD) dalam format Excel denga font "Arial Narrow" size 10
Berkas Pendaftaran Calon perseta Sertifikasi Guru RA / Madrasah Tahun 2012
1. ALUR PENDAFTARAN
2. CONTOH PENGISIAN FORMAT A - 1
3. CONTOH PENGISIAN FORMAT A - 2
4. DAFTAR REKAP CALON PESERTA BARU RA / MADRASAH
5. DAFTAR REKAP CALON PESERTA REVISI RA / MADRASAH
6. JADWAL
7. PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR
8. FORMAT A - 1
9. FORMAT A - 2
INGAT : BACA DENGAN SEKSAMA SURAT DARI KANTOR KEMENAG KAB. LAMONGAN
21 November, 2012
12 November, 2012
Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi Guru RA/Madrasah di Lingkungan Kementerian Agama Prov. Jawa Timur Tahun 2013
Pendataan calon peserta sertifikasi guru RA/Madrasah dalam jabatan tahun 2013 di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur telah dibuka,
Calon Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui Mapenda Kab./Kota dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Bagi guru yang belum terdaftar dalam sisa longlist 2012 administrasi yang harus dilampirkan kepada Kantor Kementerian Agama Kab./Kota adalah sbb:
- File Formulir Digital Pendataan PTK yang sudah terisi lengkap ( dikoordinir sesuai dengan Petunjuk Pengisian Formulir Digital dan Mekanisme Pendataan PTK di lingkungan Kementerian Agama Tahun 2012 ) Dapat diunduh di sini) dengan mata pelajaran sertifikasi diambil dari mata pelajaran utama yang diampu;
- Formulir A.1 yang telah diisi secara benar, lengkap, akurat, dan jelas sesuai Pedoman;
- Copy Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai guru PNS pertama kali dan SK Pengangkatan sebagai guru PNS terakhir (bagi PNS);
- Copy Surat Keputusan (SK) sebagai Guru Tetap Pertama kali dan SK sebagai Guru Tetap Terakhir (bagi Non-PNS);
- Copy SK sebagai Guru Tetap Non-PNS dan SK sebagai PNS (bagi guru PNS
yang sudah memiliki pengalaman menjadi guru sebelum diangkat sebagai
PNS); - Print out NUPTK resmi (Kankemenag wajib melakukan verifikasi tentang keabsahan NUPTK agar guru yang curang dapat terverifikasi dengan benar);
- Surat penugasan mengajar;
- copy ijazah terakhir yang dilegalisasi oleh pihak yang berwenang;
2. Bagi guru yang terdaftar dalam sisa longlist 2012 dan ada data yang perlu direvisimaka administrasi yang harus dilampirkan kepada Kantor Kementerian Agama Kab./Kota adalah sbb:
- File Formulir Digital Pendataan PTK yang sudah terisi lengkap (dikoordinir sesuai dengan dikoordinir sesuai dengan Petunjuk Pengisian Formulir Digital dan Mekanisme Pendataan PTK di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2012 ) Petunjuknya silakan di unduh di sini) dengan mata pelajaran sertifikasi diambil dari mata pelajaran utama yang diampu;;
- Formulir A.2 yang telah diisi secara benar, lengkap, akurat, dan jelas sesuai Pedoman
- Dokumen pendukung kebutuhan revisi. Misalnya, sebelumnya Ahmad tercatat sebagai guru di MTs. Al-Bayan, Bogor sekarang pindah menjadi guru di MA Al Qalam, Tangerang Selatan, maka dokumen yang disertakan Ahmad cukup foto copy Surat Keputusan sebagai guru tetap di tempat yang baru.
3. Bagi guru yang terdaftar dalam sisa longlist 2012 dan datanya tetap maka administrasi yang harus dilampirkan kepada Kantor Kementerian Agama Kab./Kota berupa File Formulir Digital Pendataan PTK yang sudah terisi lengkap (dikoordinir sesuai dengan dikoordinir sesuai dengan Petunjuk Pengisian Formulir Digital dan Mekanisme Pendataan PTK di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2012 ) Petunjuk Pengisian silakan unduh dilink ini dengan mata pelajaran sertifikasi diambil dari mata pelajaran utama yang diampu;
4. Waktu pendaftaran dan penyerahan administrasi ke Kantor Kementerian Agama Kab./Kota dilaksanakan sesuai dengan kabijakan masing-masing Kantor Kementerian Agama Kab./Kota dengan memperhatikan jadwal pengiriman data ke Kanwil Kamenterian Agama Prov. Jawa Timur;
Untuk Formulir dan pedoman Pengisian Calon Peserta Sertifikasi Tahun 2013 silakan link atau download di bawah ini :
- Formulir Digital Pendataan PTK
- Petunjuk Pengisian Formulir Digital dan Mekanisme Pendataan PTK di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2012
- Pedoman Pengisian Formulir A.1 dan A.2
- Formulir Pemutakhiran A.1
- Formulir Pemutakhiran A.2
Posted by MKKMI Karanggeneng
05 November, 2012
Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan Formulir Digital Tahun 2012
Pendataan PTK menggunakan Formulir Digital ini meliputi Guru RA/BA/TA, Guru Madrasah Ibtidaiyah, Guru Madrasah Tsanawiyah, Guru Madrasah Aliyah, Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Madrasah, Guru PAI SD/SDLB, Guru PAI SMP/SMPLB, Guru PAI SMA/SMALB dan Guru PAI SMK baik PNS maupun Bukan PNS yang sudah memiliki NUPTK.
Formulir Digital Pendataan PTK diisi secara mandiri oleh masing-masing guru sehingga semua guru di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur harus berpartisipasi aktif untuk mengisi formulir digital ini dengan waktu pendataan dimulai tanggal 24 September 2012 sampai 30 Nopember 2012.
Formulir Digital Pendataan PTK diisi secara mandiri oleh masing-masing guru sehingga semua guru di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur harus berpartisipasi aktif untuk mengisi formulir digital ini dengan waktu pendataan dimulai tanggal 24 September 2012 sampai 30 Nopember 2012.
Informasi secara lengkap tentang pendataan PTK dengan formulir digital ini silakan dowload file-file berikut:
20 Oktober, 2012
Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2012
Informasi dan Format PPG 2012 Jawa Timur daapat di unduh di :
Trima kasih semoga bermanfaat
- Informasi PPG
- LPTK Penyelenggara PPG
- formulir Pendaftaran
- Form A 1
- Form A 2
- Surat Pernyataan Ketua Yayasan
Trima kasih semoga bermanfaat
10 Oktober, 2012
PELATIHAN APLIKASI BOS 2012
MKKMI KARANGGENENG - Setiap kepala Madrasah di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, wajib mengetahui dan memahami pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), sehingga bantuan tersebut benar-benar bermanfaat.
Kepala Kementerian Agama Kab Lamongan yang diwakili Bapak Banjir Sidomulyo, M.Pd. pada acara pelatihan pengelolaan dana BOS di MIN Kawistolegi Karanggeneng, Selasa (09/10/12) mengatakan, pemahaman tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya deviasi dalam pengelolaan dana BOS.
"Daerah rugi dua kali bila dana BOS tidak dimanfaatkan semestinya, pertama uangnya hilang dan kedua nilai kemanfaatan yang tidak optimal," tuturnya.
Pelatihan yang dibuka Kasi Mapenda Kabupaten Lamongan itu diikuti 108 orang yang terdiri dari kepala madrasah dan bendahara madrasah dari tingkat MI dalam 3 kecamatan yakni Kec. Karanggeneng, Sukodadi dan Kalitengah.
Kepala Kementerian Agama Kab Lamongan yang diwakili Bapak Banjir Sidomulyo, M.Pd. pada acara pelatihan pengelolaan dana BOS di MIN Kawistolegi Karanggeneng, Selasa (09/10/12) mengatakan, pemahaman tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya deviasi dalam pengelolaan dana BOS.
"Daerah rugi dua kali bila dana BOS tidak dimanfaatkan semestinya, pertama uangnya hilang dan kedua nilai kemanfaatan yang tidak optimal," tuturnya.
Pelatihan yang dibuka Kasi Mapenda Kabupaten Lamongan itu diikuti 108 orang yang terdiri dari kepala madrasah dan bendahara madrasah dari tingkat MI dalam 3 kecamatan yakni Kec. Karanggeneng, Sukodadi dan Kalitengah.
20 September, 2012
MONITORING BOS 2012
Kamis, 20 September 2012 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Se Kecamatan Karanggeneng kedatangan tamu dari Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Adalah Drs. HM. Syamsuri , M.Pd , Beliau adalah Kasi Mapenda yang turun langsung untuk memantau / monitoring Penyerapan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan didampingi pegawai dari Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan beliau diterima oleh Pengawas Pendidikan agama Islam (PPAI) Pengawas Madrasah Tsanawiyah serta para Kepala MI dan MTs dan Bendahara MI/MTs Se Kecamatan Karanggeneng.
Setelah sedikit beramah tamah, pelaksanaan monitoring pun dilakukan dengan meminta Bendahara dan Kepala Madrasah menunjukan bukti SPJ BOS, Buku Kas , Kas Pembantu serta bukti fisik lainnya yang terkait dengan BOS untuk diperiksa satu persatu.
Dari Kegiatan Monitoring tersebut penyerapan BOS yang diperiksa adalah untuk Triwulan I sampai dengan Triwulan III. Alhamdulillah monitoring berjalan dengan lancar, yang diakhiri dengan refleksi dari kegiatan tersebut, sehingga Kepala Madrasah faham didalam penggunaan dana BOS yakni Tepat Sasaran , Tepat Jumlah , Tepat Guna dan Akuntabel ... ( dhr)
14 September, 2012
Strategi Mengembangkan Mutu Pendidikan dengan Pendekatan PAIKEM
Mengawali tulisan ini, kami dari MKKMI Karanggeneng ingin
memberikan beberapa pemikiran dalam rangka upaya untuk mengembangkan mutu
pendidikan melalui proses pembelajaran. Pokok-pokok pikiran ini merupakan
bagian dari visi dan misi sekolah.
Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan
yang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua
potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam
rangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harus melewati
proses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengan
lingkungan sekitar. Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada empat dinding
kelas. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan menghapus kejenuhan dan
menciptakan peserta didik yang cinta lingkungan.
Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan lingkungan
pembelajaran menjadi bermakna. Sikap verbalisme siswa terhadap penguasaan
konsep dapat diminimalkan dan pemahaman siswa akan membekas dalam ingatannya.
Dunia pendidikan kita ditandai oleh disparatis antara pencapaian academic
standard dan performance standard. Faktanya, banyak peserta
didik menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi ajar yang
diterimanya, namun pada kenyataannya mereka tidak memahaminya. Senagian besar
dari peserta didik tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari
dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunkan atau dimanfaatkan.
Peserta didik memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik sebagai mana
mereka biasa diajarkan yaitu dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode
ceramah. Padahal mereka sangat butuh untuk dapat memahami konsep-konsep yang
berhubungan dengan tempat kerja dan masyarakat umumnya di mana mereka akan
hidup dan bekerja.
Perlu diketahui bahwa disparitas pendidikan selama ini terjadi
karena pembelajaran selama ini hanyalah suatu proses pengondisian-pengondisian
yang tidak menyentuh realitas alami. Pembelajaran berlatar realitas artificial.
Aktivitas kegiatan belajar mengajar selama ini merupakanpseudo pembelajaran.
Terdapat jarak cukup jauh antara materi yang dipelajari dengan peserta didik
sebagai insane yang mempelajarinya. Materi yang dipelajari terpisah dari
peserta didik yang mempelajarinya.
Sebagai medium pendekat antara materi dan peserta didik pada
pembelajaran artificial adalah aktivitas mental berupa hafalan. Pembelajaran
lebih menekankan memorisasi terhadap materi yang dipelajari daripada struktur
yang terdapat di dalam materi itu. Pembelajaran seperti ini melelahkan dan
membosankan. Belajar bukan manifestasi kesadaran dan partisipasi, melainkan
keterpaksaan dan mobilisasi. Dampak psikis ini tentu kontraproduktif dengan
hakikat pendidikan itu sendiri yaitu memanusiakan manusia atas seluruh potensi
kemanusiaan yang dimiliki secara kodrati.
Pembelajaran seharusnya menjadi aktivitas bermakna yakni
pembebasan untuk mengaktualisasi seluruh potensi kemanusiaan, bukan sebaliknya.
Pertanyaannya, bagaimana menemukan cara terbaik menciptakan pembelajaran
bermakna?
Seiring dengan pengembangan filsafat kontruktivisme dalam
pendidikan selama dekade ini, muncul pemikiran kritis merenovasi pembelajaran
bagi anak bangsa negeri ini menuju pembelajaran yang berkualitas, humanis,
organis, dinamis, dan kontruktif. Salah satu pemikiran kritis itu dan salah
satu upaya yang dapat dikembangkan oleh sekolah adalah pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif,efektif dan menyenangkan atau PAIKEM.
Pembelajaran, menunjuk pada proses belajar yang menempatkan peserta didik
sebagai center stage performance. Pembelajaran lebih
menekankan bahwa peserta didik sebagai makhluk berkesadaran memahami arti
penting interaksi dirinya dengan lingkungan yang menghasilkan pengalaman adalah
kebutuhan. Kebutuhan baginya mengembangkan seluruh potensi kemanusiaan yang
dimilikinya.
Aktif, pembelajaran harus menumbuhkan suasana sedemikian rupa sehingga
peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakangagasan. Belajar
memang merupakan proses aktif dari si pembelajar dalam membangun
pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru
tentang pengetahuan. Pembelajaran aktif adalah proses belajar yang menumbuhkan
dinamika belajar bagi peserta didik. Dinamika untuk mengartikulasikan dunia
idenya dan mengkonfrontir ide itu dengan dunia realitas yang dihadapinya.
Inovatif, pembelajaran merupakan proses pemaknaan atas realitas kehidupan
yang dipelajari. Makan itu hanya bisa dicapai jika pembelajaran dapat
memfasilitasi kegiatan belajar yang member kesempatan kepada peserta didik
menemukan sesuatu melalui aktivitas belajar yang dilakoninya.
Kreatif, pembelajaran harus menumbuhkan pemikiran kritis, karena
dengan pemikiran seperti itulah kreativitas bisa dikembangkan. Pemikiran kritis
adalah pemikiran reflektif dan produktif yang melibatkan evaluasi bukti.
Kreativitas adalah kemampuan berpikir tentang sesuatu dengan cara baru dan tak
biasa serta menghasilkan solusi unik atas suatu problem.
Efektif, pembelajaran efektif adalah jantungnya sekolah efektif.
Efektivitas pembelajaran merujuk pada berdaya dan berhasil guna seluruh
komponen pembelajaran yang diorganisir untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran efektif mencakup keseluruhan tujuan pembelajaran baik yang
berdimensi mental, fisik, maupun sosial. Pembelajaran efektif “memudahkan”
peserta didik belajar sesuatu yang “bermanfaat”.
Menyenangkan, pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran dengan suasana socio
emotional climate positif. Peserta didik merasakan bahwa proses
belajar yang dialaminya bukan sebuah derita yang didera dirinya, melainkan
berkah yang harus disyukurinnya. Belajar bukanlah tekanan jiwa pada dirinya,
namun merupakan panggilan jiwa yang harus ditunaikannya. Pembelajaran
menyenangkan menjadikan peserta didik ikhlas menjalaninya.
Pembelajaran PAIKEM adalah pembelajaran
bermakna yang dikembangkan dengan cara membantu peserta didik membangun
keterkaitan antara informasi (pengetahuan) baru dengan pengalaman (pengetahuan
lain) yang telah dimiliki dan dikuasai peserta didik. Peserta didik
dibelajarkan bagaimana mereka mempelajari konsep dan bagaimana konsep tersebut
dapat dipergunakan di luar kelas.
Praktik PAIKEM membutuhkan kemampuan teoritik
dan praktik. Kemampuan teoritik meliputi arti belajar, dukunagn teoritis, model
pembelajaran, dan pembelajaran kontekstual. Kemampuan praktik adalah
mempraktikan metode-metode PAIKEM. Diantaranya yaitu metode Jigsaw,Think-Pair-Share,Numbered
Heads Together, Group Investigation, Two Stay Two Stray, Make a Match, Bamboo
Dancing,Listening Team, Inside-Outside Circle, Point-Counter-Point, dan The
Power of two.
PAIKEM sebagai proses learning to know, learning to do,
learning to be, dan learning to live together mendorong
terciptanya kebermaknaan belajar bagi peserta didik. Aspek
pengetahuan-pengetahuan tersebut penting sebagai landasan bagi guru maupun
calon guru berpikir logis dan bertindak profesional atas profesinya.
Bertolok pada kebutuhan pendidikan di era global dan tuntutan
profesionalisme kependidikan, metode bertajuk PAIKEM (Pembelajaran
Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan) proses dan hasil belajar
peserta didik diharapkan akan meningkat. Dengan meningkatnya proses dan hasil
belajar maka diharapkan kualitas pendidikan juga akan meningkat. Oleh karena
itu,semoga dapat menjadi referensi bagi guru khususnya dan insan-insan yang
mempunyai atensi di bidang pendidikan pada umumnya untuk meningkatkan kualitas
pendidikan anak bangsa di negeri ini.
30 Juli, 2012
PANDUAN BOS 2012 MADRASAH SWASTA
MKKMI Karanggeneng ingin berbagi, Panduan Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2012, Bagi Bapak/Ibu yang ingin tahu, silakan mendownload disini. Selamat semoga berhasil dan bermanfaat
29 Juli, 2012
DAFTAR LONGLIST SISA SERGUR 2012 JAWA TIMUR
Salam Silaturrahim, Bapak/Ibu yang ingin tahu Daftar Sisa Longlist sertifikasi Guru Tahun 2012 yang belum masuk UKA 2012 Jawa Timur dapat dicari atau di unduh di Blog MKKMI Karanggeneng. Caranya silakan download disini , selamat semoga bermanfaat.
Langganan:
Postingan (Atom)